SELAMAT DATANG DI PESANTREN HIDAYATULLAH MALANG

 Bismillahirrahmanirrahim

“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan.

Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.

Bacalah! dan Tuhanmu-lah Yang Maha Pemurah.

Yang mengajar (manusia) dengan perantara kalam.

Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya..”

(Al ‘Alaq : 1-5)

 

 

MUQADDIMMAH

 

السلا م عليكم ورحمة الله وبركاته

Kecemasan dan kekhawatiran orang tua terhadap perkembangan anaknya semakin meningkat. Kenakalan anak dengan berbag denganIndikasinya adalah, banyak orang tua yang mengeluh dan angkat tangan untuk mendidik putranya sendiri. Anak kita hidup dalam zaman yang berbeda dan mereka pun akan mengalami tantangan dan ujian yang berbeda. Berbagai musibah dan bencana beruntun melanda bangsa ini, baik itu yang dimaknai sebagai ujian maupun azab. Kemunduran moralitas anak banga semakin mengkhawatirkan dibarengi dengan turunnya aktivitas ibadah sebagai bentuk pengabdian kehadirat sang kholiq. Bahkan dapat dikatakan bahwa pekerjaan orang tua saat ini yang paling berat dan sulit adalah “mendidik anak”, untuk menjadi anak yang shaleh dan mumpuni dalam bidang ilmu pengetahuan serta tekhnologi.

Saat ini belum banyak sekolah yang memberikan pendidikan secara intens untuk moralitas agama. Yang menjamur dewasa ini adalah berlombanya masing-masing sekolah untuk meraih prestasi akademik UAN. Sehingga suasana pendidikan tersebut kering akan nilai-nilai moralitas agama. Sekolah yang diharapkan saat ini adalah sekolah yang bisa mentrasfer ahklak dan juga ilmu, sehingga anak tidak kering akan moralitas agama tetapi juga tidak kalah bersaing dalam prestasi akademis. Perlu kita ketahui pekerjaan trasfer akhlak lebih berat dari pada tranfer ilmu.

Melihat situasi yang demikian, tak dapat dipungkiri lagi, model pendidikan yang paling tepat saat ini adalah model “boarding”. Alasannya, pendidikan seperti inilah yang dicontohkan oleh Rosulullah Muhamad, yakni mengenalkan masalah kehidupan dan mengajarinya bagaimana cara menyelesaikannya. Siswa akan dikenalkan dengan Tuhan-Nya sebagai pencipta dan pengendali kehidupan. Siswa dikenalkan dengan hukum-hukum-Nya, baik hukum dalam firman-Nya maupun hukum dialam ciptaan-Nya. Siswa dikenalkan dengan realitas persoalan kehidupan. Siswa diberikan cara menyelesaikan permasalahan kehidupan.

Selain itu, model boarding akan memudahkan para pendidik untuk mentransfer ahklak kepada anak didiknya. Sebab, nyaris setiap saat para pendidik itu berbaur dengan mereka. Sehingga, apapun yang dilakukan pendidik tersebut akan mudah ditiru..

Pada Tahun Pelajaran 2008/2009 ini, Lembaga Pendidikan Islam Ar-Rohmah dengan jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) menerima pendaftaran dan seleksi calon siswa baru. Karena respon masyarakat untuk mengamanahkan pendidikan putranya ke Ar-Rohmah Islamic Boarding School semakin meningkat, maka tahun ini disediakan 3 kelas untuk SMP (96) dan 2 kelas untuk SMA (36).

Sebagai media untuk memepermudah alur pendaftaran siswa baru, maka disusunlah buku panduan ini secara umum. Adapun informasi lebih rinci bisa ditanyakan langsung ke panitia pedaftaran siswa baru di kantor sekretariat.

Semoga Allah memberikan petunjuk jalan yang lurus kepada kita semua, dan kita digolongkan hamba-Nya yang sukses dan bahagia dunia akherat.

 

والسلا م عليكم ورحمة الله وبركاته

About these ads

2 Tanggapan

  1. Ass. WW.
    Semoga bertambah maju, berkembang, dan sukses selalu. Allahu Akbar.

    Wassalam

  2. Asslm.wr.wb. Thank’s buat ar-rahmah yg slma 3 th tlh didik aq, n adk2 kls aq yg imut jgn lpa ma aq y…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: